Cara Attachment File Di Email

Cara attachment file, pengertian attachment file serta fungsi attachment file di email gmail dan yahoo - Attachment file di email sangat penting sekali kita ketahui karena akan sering kita pergunakan dalam suatu pekerjaan perkantoran. Dimana saat ini hampir semua pekerjaan di lakukan secara elektronik. Sehingga pelajaran tentang email (surat elektronik) sudah di perkenalkan sejak kita duduk di bangku sekolah.

Cara attachment file sangat wajib diketahui oleh seorang karyawan/pekerja nantinya, sebab sekarang dokumen laporan yang berbentuk seperti file word, excel, power point, foto da lain sebagainya tidak lagi dikirim melalui pos tetapi melalui email. Walaupun beberapa dokumen masih dikirim melalui pos. Maka dari itu sangat wajib kita mempelajari tentang cara attachment file, pengertian attachment file serta fungsi attachment file di email gmail dan yahoo.

Pengertian dan Fungsi Attachment File Di Email

Pengertian attachment secara bahasa merupakan alat pelengkap atau alat tambahan. Namun dalam pengertian yang lebih mudah bisa disebut juga lampiran atau file (berkas) yang dilampirkan. Dengan begitu pengertian attachment file dalam email yaitu file tambahan selain isi email yang dilampirkan dalam satu pengiriman email, baik itu berupa file text (word, excel, notepad, dll), alamat web (web, situs, blog, email), audio (mp3, WAV, dll), video (MPG, AVI, dll), foto (JPEG, Bitmap, GF, dll) dan lain sebagainya. 

Namun yang harus anda ketahui dalam attachment file bahwa pengiriman berkas tersebut dapat mempengaruhi kecepatan dan tingkat kesuksesan pengiriman email. Semakin besar ukuran file akan menjadikan pengiriman email semakin lambat dan kesuksesan terkirim semakin sedikit, namun itu semua tergantung dari kecepatan koneksi internet anda. Maka dari itu untuk mengatasi besarnya file yang di attachment pada sebuah email, sebaiknya anda kompres terlebih sebelum anda attachment pada email.  

Cara Attachment File Di Email Gmail

Untuk yang pertama kita akan melihat cara attachment file di email gmail, saya tidak akan menjelaskan secara detail dari awal membuka email, saya anggap anda sudah mengerti. Namun bila anda belum mengerti cara membuat dan mengirim email bisa anda lihat disini.
Baca juga : Cara membuat email di gmail dan yahoo | Cara mengirim email di gmail
1. Langkah pertama, klik Compose atau Tulis. Isi alamat tujuan, subjek dan isi badan email.
2. Untuk attachment file di gmail, lihat kebagian bawah halaman pengiriman email. Terdapat beberapa pilihan jenis berkas yang bisa anda pilih untuk memasukan berkas dalam email
Cara Attachment File Di Email
a. Lampirkan file, ini berfungsi untuk attachment file seluruh jenis file. Dengan menggunakan ini anda bebas memasukan jenis file apa saja. Cukup klik gambar dengan bentuk seperti paperclip, lalu akan muncul jendela windows. Cari file mana yang akan masukan lalu tekan tombol Open.
Cara Attachment File Di Email
b. Sisipkan file menggunakan google drive, google drive merupakan sebuah web penyedia jasa penyimpanan file online gratis. Jadi maksudnya anda bisa attachment file lagsung dari google drive apabila anda pengguna google drive dan menyimpan file didalamnya. Caranya tekan ikon google drive di gmail, pilih file lalu klik tombol Sisipkan.
Cara Attachment File Di Email
c. Sisipkan foto, Sebetulnya dengan menggunakan lampiran file saja kita sudah bisa attachment file foto juga. Namun apabila anda pengguna akun google secara utuh file foto dari akun google lain (blogger, google+, dll) yang sudah anda unggah bisa juga anda masukan ke email anda.
Cara Attachment File Di Email
d. Sisipkan tautan, ini berfungsi apabila anda ingin mengirimkan sebuah URL (alamat web) pada orang lain melalui email, dengan tujuan alamat URL tersebut aktif sehingga dengan satu klik saja alamat tersbut bisa terbuka. Caranya klik ikon/gambar rantai lalu : 1). Pilih jenis alamat 2). Masukan teks yang akan ditampilkan (bisa alamat url, judul web, judul artikel, dll) 3). Isi alamat web 4). Klik tombol Oke
Cara Attachment File Di Email
e. Sisipkan emoticon, anda juga menambahkan emoticon pada badan isi email anda.
3. Setelah semua attachment file sudah masuk anda tinggal tekan tombol Kirim / Send email anda.

Cara Attachment File Di Email Yahoo

Yang kedua kita akan melihat cara attachment file di email yahoo. tidak begitu terlalu berbeda dengan cara attachment file di gmail. Saat anda ingin melakukan attachment file di email tentu saja anda sudah bisa membuat dan mengirim email dalam yahoo. Namun bila anda belum punya email dan belum tahu cara mengirim email di yahoo anda bisa lihat caranya disini.
Baca juga : Cara membuat email di gmail dan yahoo Cara mengirim email di yahoo
Cara Attachment File Di Email
1. Login ke akun email yahoo anda, klik Compose atau Tulis. Isi alamat email tujuan, subjek email dan badan email.
2. Untuk attachment file di yahoo, silahkan lihat bagian bawah. Ada terdapat beberapa cara untuk anda melampirkan file, diantaranya :
a. Attachment file dari komputer, anda bisa melampirkan segala jenis file dari text, audio, video, foto dan lain sebagainya dari komputer anda.
b. Attachment file dari dropbox, dropbox merupakan web penyedia jasa layanan penyimpanan file secara online seperti google drive, 4shared, dll. Apabila anda pengguna dropbox anda bisa melampirkan file anda ke email yahoo tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.
c. Attachment dari flickr, seperti yang anda ketahui bahwa flickr merupakan web berbagi foto yang cukup populer. Apabila anda pengguna akun flickr anda bisa melampirkan foto di akun flickr langsung ke email anda.  
d. Attachment alamat URL, untuk melampirkan alamat situs pada email, anda bisa gunakan menu ini sehingga alamat web menjadi mudah untuk dibuka.
e. Attachment emoticon, seperti pada aplikasi chat email pada yahoo juga bisa anda sisipkan gambar emoticon yang lucu pada isi badan email anda.
3. Apabila email dan semua file attachment sudah siap anda tinggal kirima saja dengan menekan tombol Kirim atau Send.

Demikian cara attachment file di email gmail dan yahoo, semoga bermanfaat dan membantu anda untuk belajar mengenai email. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk memberikan komentar di kotak komentar yang telah tersedia.

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Mohon maaf apabila komentar berbau spam atau menyertakan link aktif tidak akan ditampilkan. Terima kasih! EmoticonEmoticon