Bagaimana Membuat Blog Terlihat Lebih Profesional?

Bagaimana Membuat Blog Terlihat Lebih Profesional - Membuat blog terlihat lebih profesional merupakan salah satu cara agar blog kita dinilai digarap secara serius baik itu oleh pembaca, atau pun pihak-pihak yang ingin bekerja sama dengan blog kita. Khususnya apabila kita menjadikan blog sebagai sumber penghasilan dengan menjadi publisher iklan seperti google adsense, infolink, chitika dan media penyedia iklan lainnya. Banyak blogger menjadikan sebuah blog menjadi media kesenangan tulis mereka juga sekaligus menjadi media pendapatan karena dikelola secara serius dan membuatnya menjadi blog yang profesional di mata para pengunjung.

Setelah sebelumnya saya membuat artikel tentang bagaimana membuat blog terlihat profesional? Pada artikel tersebut membuat blog terlihat profesional saya tulis dengan menambahkan widget-widget yang diperlukan dalam sebuah blog. Widget-widget tersebut di rasa penting dikarenakan menjadi informasi yang pokok pada sebuah blog. Dengan dipasangnya widget-widget tersebut diharapkan blog menjadi lebih informatif dan mudah untuk dijelajahi oleh pembaca. Widget tersebut juga menjadi syarat sebuah blog apabila ingin diterima sebagai publisher adsense. 

Pada artikel ini saya akan berbagi mengenai bagaimana membuat blog terlihat lebih profesional?dengan menambahkan halaman statis pada blog. Halaman ini biasanya dibuat untuk memberikan informasi khusus mengenai blog atau pun informasi mengenai penulis blog itu sendiri. Halaman ini sangat bermanfaat sekali untuk sebuah blog terutama kepada pembaca blog, demi mengembangkan blog itu sendiri. Disini saya akan rincikan halaman apa saja yang harus ada pada sebuah blog, dan sedikit penjelasan dari masing-masng halaman tersebut.

1. Halaman About / Tentang

Halaman about atau tentang pada blog biasanya berisi informasi dari penulis blog atau pun tentang blog itu sendiri. Halaman ini sangat penting untuk membuktikan bahwa blog kita dikelola dengan sangat serius. Dengan adanya halaman about pengunjung tahu bahwa blog apa yang mereka baca juga siapa penulis dari blog tersebut. Terutama untuk blogger yang menjual barang dagangannya melalui blog, ini dapat meyakinkan calon pembeli yang datang. Halaman ini juga merupakan sarana promosi blog, sebisa mungkin kita mendeskripsikan dengan jelas tentang isi blog dari blog ini.

2. Halaman Kontak

Halaman kontak adalah halaman penting berikutnya, tetapi menurut saya semua halaman sangat penting. Halaman ini berfungsi sebagai media interaksi antara penulis dan pembaca blog. Tuliskan informasi kontak anda pada halaman ini, anda bisa memilih antara nomor telepon, alamat email, atau pun akun sosial media anda. Namun pada umumnya, blog profesional menggunakan contact form sebagai media kirim pesan dari pembaca kepada penulis. Lihat cara membuat halaman contact di blog untuk lebih detail mengenai pembuatan halaman kontak.

3. Halaman Privasi

Halaman privasi atau disebut juga privacy policy merupakan halaman yang dibuat sebagai jaminan kerahasiaan data bagi para pengunjung / pembaca website dan blog. Demi kenyamanan dan keamanan pengunjung data harus dirahasiakan dari kemungkinan terjadinya hal-hal pelanggaran yang dapat timbul karena data tersebut tersebar pada pihak ketiga. Kerahasiaan itu harus dijaga oleh suatu web dan blog, agar tidak ada hal-hal yang dapat merugikan pengunjung di kemudian hari setelah kunjungannya pada suatu website atau pun blog.

4. Halaman Disclaimer / Penolakan

Halaman ini berisi tentang penolakan anda terhadap semua bentuk kerugian yang dapat diderita pengunjung dikarenakan isi dari suatu blog. Halaman ini akan membebaskan anda dari segala bentuk tuntutan yang ditimbulkan dari kerugian tersebut. Ini sangat penting untuk sebuah blog profesional dimana pengunjung datang dari berbagai jenis lapisan masyarakat, dan belum tentu tahu cara berselancar yang baik dan benar di internet. Jadi pastikan pembaca anda untuk bisa membaca isi halaman ini terlebih dahulu sebelum memulai menjelajahi isi dari blog anda.

5. Halaman Sitemap

Halaman sitemap atau sering disebut daftar isi berfungsi membantu mesin pencari seperti google untuk dapat menjelajahi isi dari sebuah blog secara menyeluruh. Namun bagi pengunjung halaman ini berfungsi untuk memudahkan pengunjung untuk dapat memilih isi atau pun judul dari suatu blog secara terperinci. Dengan kata lain fungsi daftar isi pada suatu blog hampir sama dengan fungsi daftar isi pada suatu makalah. Banyak atau pun sedikit isi artikel dalam blog anda akan terlihat pada halaman ini, jadi perbanyaklah artikel blog anda agar pengunjung betah berlama-lama untuk mengunjungi blog anda.   

Demikian cara bagaimana membuat blog terlihat lebih profesional? Semoga bermanfaat dan mudah dipahami. Bukan untuk mengajari dan merasa paling bisa, tetapi sekedar berbagi ilmu yang saya alami dan saya dapatkan dari para suhu blogger. Mohon maaf apabila penulisan banyak kesalahan dan masih acak-acakan, itu semua semata-mata karena kesalahan penulis. Terima kasih telah mampir di blog ini, jangan lupa untuk menuliskan komentar sebagai masukan untuk penulis dan blog ini. 

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Mohon maaf apabila komentar berbau spam atau menyertakan link aktif tidak akan ditampilkan. Terima kasih! EmoticonEmoticon