Membuat Resume Yang Menarik Perusahaan

Membuat Resume Yang Menarik Perusahaan - Banyak sudah resume atau surat lamaran kerja yang dikirimkan ke perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan pekerja. Tetapi tidak ada juga panggilan interview dari perusahaan yang kita lamar. Kita sering kali di buat bingung olehnya. Mungkin saja latar belakang kita tidak sesuai dengan kriteria yang mereka butuhkan, Ataukah lamaran pekerjaan kita yang kurang menarik bagi mereka.


Pernahkah anda terpikir bahwa resume kita kurang menarik bagi perusahaan? Atau juga penyebab kita tidak dipanggil ke perusahaan karena resume kita yang kurang informasi? Yuk kita liat apakah resume anda sudah sama ataukah belum dengan tips Membuat Resume Yang Menarik Perusahaan berikut ini.

Baca juga : Membuat CV yang menarik perusahaan



1. Informasi Kontak.

Kebanyakan pelamar gagal untuk dipanggil perusahaan adalah dikarenakan pelamar lupa atau tidak mencantumkan kontak pada surat lamaran, atau pelamar mencantumkan kontak tetapi kurang terlihat atau pun tidak terlihat oleh si perusahaan. Bagaimana perusahaan bisa menghubungi anda apabila perusahaan tidak mempunyai kontak anda. Untuk permasalahan ini anda bisa mencantumkan informasi kontak anda pada header surat lamaran, buat agar besar dan berikan juga akses penebalan juga garis miring agar terlihat lebih menarik.

2. Tanggal Pembuatan.

Tanggal pembuatan dimaksudkan untuk melihat kapan surat lamaran tersebut dibuat. Surat lamaran yang tidak dibubuhi tanggal akan membingungkan perusahaan dan membuat lamaran tersebut diabaikan. Jangan pernah abaikan hal sekecil apapun bisa saja hal kecil itulah yang perusahaan lihat untuk melihat ketelitian diri anda.

3. Tujuan Surat Lamaran

Ini sangat penting untuk isi dalam surat lamaran, jangan sampai surat lamaran anda jatuh pada orang yang salah. Selalu usahakan untuk mencari informasi terlebih dahulu siapa yang berwenang dalam perekrutan karyawan pada perusahaan tersebut. Tidak perlu se-detail mungkin cukup bagian atau departemennya saja. Dimaksudkan agar surat lamaran anda tepat sasaran, sampai pada orang yang memang akan memanggil anda.



4. Posisi Yang Dilamar

Informasikan dengan jelas posisi apa yang akan anda lamar pada perusahaan tersebut. Lamarlah posisi yang memang perusahaan sedang butuhkan. Untuk sekedar tips, usahakanlah selalu untuk melamar posisi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan, minat dan bakat serta pengalaman sebelumnya. Itu akan membuat pekerjaan anda nyaman nantinya, juga menjadi pertimbangan besar bagi perusahaan untuk memperkerjakan anda. Walaupun dalam kenyataanya banyak juga perusahaan yang memperkerjakan karyawan tidak sesuai dengan latar belakang mereka, namun itu sangat lah sedikit dan jarang terjadi.

5. Isi Surat Lamaran

Inilah bagian yang paling penting dari semua bagian dalam surat lamaran anda, tulis isi lamaran semenarik mungkin. Meskipun anda melampirkan CV (Curiculum Vitae) atau Daftar riwayat hidup pada berkas lamaran anda, jelaskan juga sedikit tentang diri anda pada isi surat lamaran, secara singkat saja agar perusahaan tahu tentang gambaran siapa diri anda. Bagian inilah yang sering kali perusahaan lihat dari keseluruhan berkas surat lamaran. Isi surat lamaran yang menarik bisa membuat perusahaan penasaran dengan diri anda, sehingga akan meninjau semua berkas dengan teliti atau bahkan memanggil anda untuk diwawancarai.


6. Penutup

Buat kata penutup anda yang berkesan, seperti pepatah mengatakan "perpisahan adalah kesan terakhir yang sangat mendalam". Jadi jangan sia-siakan kata penutup hanya dengan menuliskan kata terima kasih. Buatlah lebih unik dan menarik seperti menambahkan kata "saya bersedia untuk diwawancara", "saya sangat berharap bisa diwawancara". Buat kata-kata yang mengundang penasaran perusahaan. Tuliskan kata-kata bahwa anda memang berharap untuk dipaggil oleh perusahaan tersebut.



7. Tanda Tangan

Jangan lupa untuk mengisikan tanda tangan pada surat lamaran anda, tanda tangan merupakan legalitas bahwa lamaran tersebut merupakan buatan anda. Dan bahwa semua yang anda tulis didalamnya merupakan kebenaran yang bisa anda pertanggungjawabkan. Buat tanda tangan anda terlihat jelas dan tajam, menandakan anda orang yang serius dan bersungguh-sungguh.

Sekian tentang tips mengenai Membuat Resume Yang Menarik Perusahaan semoga membantu dan memberi gambaran tentang surat lamaran yang menarik. Sertakan juga CV pada lampiran surat lamaran anda untuk lebih memperjelas siapa diri anda. Jangan lupa juga lampirkan ijazah terakhir beserta transkrip nilai serta sertifikat-sertifikat yang anda punya.

kata kunci : contoh surat lamaran kerja, surat lamaran kerja yang baik dan benar, daftar riwayat hidup, surat lamaran kerja umum, surat lamaran kerja terbaru, surat lamaran doc, surat lamaran kerja bahasa inggris, surat lamaran bahasa inggris.

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Mohon maaf apabila komentar berbau spam atau menyertakan link aktif tidak akan ditampilkan. Terima kasih! EmoticonEmoticon