Google Mobilegeddon Sebuah Algritma Baru Menghadapi Era Digital Ponsel

Google Mobilegeddon Sebuah Algritma Baru Menghadapi Era Digital Ponsel - Indonesia merupakan salah satu negara dengan pemakai smartphone paling banyak dan aktif didunia. Bahkan, sebuah lembaga riset menyebutkan bahwa tanah air kita ini masuk kedalam 5 besar negara dengan pengguna ponsel pintar terbesar didunia.  Dengan pemakai Android melebihi angka 1 miliar. Itu merupakan angka yang sangat luar biasa bila mengingat negara kita bukan negara produsen ponsel.

Google Mobilegeddon Sebuah Algritma Baru Menghadapi Era Digital Ponsel

Informasi kini mudah diakses melalui ponsel, menjadikan media-media informasi seperti televisi, radio, koran majalah menjadi nomor dua pilihan para pencari informasi. Hal ini berdampak pada semakin banyaknya media-media informasi tersebut lebih memilih memplubikasikan informasi mereka di media online sebelum mereka menyiarkannya dalam siaran televisi, siaran radio atau pun mencetaknya dalam koran dan majalah. Ini dikarenakan media online dianggap lebih cepat dan efektif dalam menyamoaikan informasi.

Google Search Engine

Search Engine atau sering juga dikenal dengan mesin penari menjadi alternatif para pemburu informasi untuk mencari informasi yang terdapat di media online, berlomba-lomba menyempurnakan sistem pencariannya. Agar pencarian informasi menjadi lebih mudah dilakukan dan mudah untuk dibuka serta ringan digunakan. Google sebuah perusahaan yang sudah tidak asing lagi dalam penyedia layanan search engine media online terbesar di dunia saat ini, terus melakukan inovasi guna memberikan akses yang mudah dan cepat bagi para pengguna internet.

Mobilegeddon

Algoritma Mobilegeddon adalah algoritma pemberi label mobile friendly pada masing-masing situs yang muncul di halaman pencarian google dengan tujuan memberikan informasi kepada pengguna bahwa situs tersebut bisa diakses dengan baik diperangkat mobile. Dimaksudkan bahwa nantinya pencarian dioptimalkan untuk situs-situs yang memang bersahabat dengan ponsel. Itu tidak terbatas pada pengguna ponsel tetapi pada pencarian yang dilakukan perangkat komputer atau tablet, situs yang lebih optimal untuk ponsel akan diprioritaskan.

Google pertama kali meluncurkan Algoritma Mobilegeddon ini pada tanggal 21 April 2015, dengan begitu apabila seseorang melakukan pencarian di ponsel akan terlihat apakah situs atau web tersebut mobile-friendly atau tidak. 

Google Mobilegeddon Sebuah Algritma Baru Menghadapi Era Digital Ponsel

Pengaruh Terhadap Website Dan Blog

Website dan blog dengan konsep mobile-friendly akan lebih di prioritaskan, ini tentu saja dapat mempengaruhi peringkat pencarian google. Jangan sampai web dan blog anda tertinggal dikarenakan kehilangan pengunjung dari perangkat mobile.

Solusi permasalahan ini yaitu dengan memakai design tema web dan blog yang responsive. Ini menjadikan web dan blog akan dapat diakses melalui perangkat komputer atau pun mobile seperti tablet dan ponsel. Juga buatlah blog anda ringan, dengan tidak memakai atribut ataupun widget yang berlebihan.

Google juga menyediakan halaman untuk menguji situs web dan blog anda apakah sudah mobile-friendly ataukah belum
https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

Google Mobilegeddon Sebuah Algritma Baru Menghadapi Era Digital Ponsel

Jadi sudahkah situs web atau blog anda mobile-friendly?

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Mohon maaf apabila komentar berbau spam atau menyertakan link aktif tidak akan ditampilkan. Terima kasih! EmoticonEmoticon