Cara Membuat Email Di Gmail Dan Yahoo

Sebelum kita lebih jauh membahas tentang Cara Membuat Email Di Gmail Dan Yahoo, alangkah baiknya bila kita mengetahui dulu apa itu email. Email atau singkatan dari Electronic Mail (surat elektronik) merupakan media kirim mengirim surat melalui jaringan komputer misalnya internet. Dengan kata lain media seperti komputer, laptop, tablet, smartphone dapat digunakan sebagai media untuk mengirim surat elektronik asalkan media tersebut terhubung dalam jaringan internet. Bila biasanya surat ditulis melalui media kertas dan dibubuhi perangko sebagai alat pembayarannya, untuk email biaya dikeluarkan hanya untuk membeli paket dari internet itu sendiri. Lebih hemat biaya, tenaga dan tidak memakan waktu.

Dalam perkembangannya, email tidak hanya digunakan sebagai alat untuk mengirim surat elektronik saja. Kini email digunakan juga sebagai syarat untuk pembuatan akun di jaringan internet. Sebagai contoh untuk pembuatan akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dibutuhkan akun email sebagai syarat utama pembuatannya. Namun begitu masih banyak orang belum mengetahui bagaimana cara membuat email. Untuk itulah saya disini membuat tutorial cara membuat email dengan mudah, dengan tujuan bisa membantu teman-teman yang sedang galau dalam membuat email. 

Disini saya akan membuat 2 (dua) contoh email saja, yaitu Gmail (Google mail) dan Ymail (Yahoo mail). Alasan kenapa saya memilih keduanya, dikarenakan keduanya merupakan penyedia layanan email yang gratis dan juga sudah banyak digunakan diseluruh dunia terutama indonesia. Saya juga termasuk seseorang yang memakai layanan dari gmail dan yahoo juga, sehingga saya bisa mengatakan bahwa kedua penyedia layanan tersebut sangat saya rekomendasikan.

Membuat Email Di Gmail

Gmail merupakan sebuah email yang sangat menarik, selain gratis google juga memberikan layanan satu akun untuk semua akses. Maksudnya bila kita membuat akun dalam Gmail, akun tersebut dapat juga digunakan untuk semua perangkat dari google seperti google plus, blogspot, map, youtube dan perangkat lainnya yang merupakan perangkat dari google. Untuk tidak panjang lebar lagi langsung saja kita masuk ke cara membuat akun gmail.

1. Masuk ke alamat situ Gmail.

2. Klik tombol Create an account / Buat akun

Cara Membuat Email Di Gmail Dan Yahoo

3. Isi kolom-kolom pada halaman pengisian dengan data anda, tips gunakan biodata anda yang anda sebenarnya.

Cara Membuat Email Di Gmail Dan Yahoo

  • Nama, isi dengan nama lengkap baik nama depan ataupun nama belakang
  • Pilih nama pengguna anda, isi dengan alamat email sesuai dengan yang anda inginkan
  • Buat sandi, isi dengan sandi yang mudah anda ingat, disarankan terdiri dari huruf dan angka
  • Konfirmasi sandi anda, isi dengan mengulangi sandi yang anda masukan sebelumnya
  • Tanggal lahir, isi dengan tanggal, bulan, tahun kelahiran anda
  • Gender, pilih sesuai dengan jenis kelamin anda
  • Ponsel, isi dengan no ponsel anda, terkadang google akan mengirimkan kode verifikasi ke ponsel anda sebagai keamanan
  • Buktikan bahwa anda bukan robot, kosongkan kolom centang, isikan dengan kode yang tertera pada gambar yang ada pada halaman tersebut
  • Alamat email anda saat ini. kosongkan bila anda tidak mempunyai email lain
  • Lokasi, isi dengan negara tempat kita tinggal
  • Beri tanda centang pada kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan Goolge
  • Klik tombol Langkah berikutnya  

4. Selamat, akun Gmail anda sudah dibuat. Klik Lanjutkan ke Gmail untuk masuk ke halaman email anda.

Cara Membuat Email Di Gmail Dan Yahoo


Membuat Email Di Yahoo

Yahoo juga menyediakan layanan email yang gratis, dengan membuat akun di yahoo mail kita juga akan terdaftar otomatis pada layanan chating yahoo yaitu yahoo messenger. Itu kenapa yahoo mail menjadi layanan penyedia email yang banyak digunakan di dunia dan di Indonesia khususnya. Sebetulnya cara membuat akun di yahoo hampir sama saja seperti di Gmail, sangat mudah. Langsung saja ikuti caranya di bawah ini.

1. Masuk ke alamat situ Yahoo Mail.

2. Klik tombol Daftar untuk account baru

Cara Membuat Email Di Gmail Dan Yahoo

3. Isi kolom-kolom pada halaman pengisian dengan data anda yang sebenarnya.

Cara Membuat Email Di Gmail Dan Yahoo


  • Nama depan & Nama Belakang, isi dengan nama depan dan nama belakang anda
  • Nama pengguna yahoo, isi dengan alamat email yang anda inginkan
  • Kata sandi, isi dengan sandi yang mudah anda ingat, tips gunakan kombinasi huruf dan angka
  • Nomor ponsel, isi dengan nomor ponsel anda
  • Tanggal Lahir, isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran anda
  • Pilih jenis kelamin dengan jenis kelamin anda Pria atau Wanita
  • Nomor pemulihan opsional, bisa anda isi atau pun tidak
  • Hubungan, isi bila anda mengisikan Nomor pemulihan opsional, bila tidak abaikan saja
  • Lalu klik tombol Buat account
4. Langkah selanjutnya anda akan diminta untuk mengirimkan sms verifikasi dari yahoo, guna memeriksa apakah nomor ponsel yang anda masukan benar-benar nomor ponsel anda atau pun nomor yang anda masukan benar bukan nomor asal-asalan. Untuk tindak lanjut pada halaman ini langsung klik tombol Kirim SMS

Cara Membuat Email Di Gmail Dan Yahoo

5. Masukan kode verifikasi yang masuk ke ponsel anda melalui sms pada kolom Kode, lalu klik tombol Kirim kode. Bila dalam waktu lama anda tidak menerima sms verifikasi dari yahoo, klik tulisan Coba lagi yang terletak di atas nomor ponsel. Apabila anda tidak menerima juga sms verifikasi dari yahoo, cobalah cek nomor ponsel yang anda masukan, mungkin saja nomor ponsel yang anda masukan salah.

Cara Membuat Email Di Gmail Dan Yahoo

6. Selamat, proses pendaftaran akun anda berhasil. Klik tombol Persiapan Awal, lalu tunggu sampai proses loading selesai. Email yahoo anda sudah siap untuk digunakan.

Cara Membuat Email Di Gmail Dan Yahoo

Sekian tutorial cara membuat email gmail dan yahoo. Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk membuat email. Sebetulnya masih banyak lagi penyedia layanan email lainnya, namun layanan yang menurut saya mudah dan ringan untuk digunakan yaitu seperti layanan email di atas. Untuk cara pendaftarannya pun kurang lebih sama saja, yang membedakan hanya data yang diminta dari pihak penyedia layanan saja. Terima kash telah membaca artikel ini, baca juga artikel bermanfaat lainnya di blog ini.

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Mohon maaf apabila komentar berbau spam atau menyertakan link aktif tidak akan ditampilkan. Terima kasih! EmoticonEmoticon